SMK TRI MITRA KARYA MANDIRI KUATKAN NILAI PELAJAR PANCASILA LEWAT INOVASI DIGITAL

Pemilihan Ketua OSIS masa bakti 2022/2023 di SMK Tri Mitra Karya Mandiri menerapkan pemungutan suara secara elektronik atau e-voting, pada Jumat (25/11/2022).

Rendi S. Pd, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan mengatakan, pemungutan suara di SMK Tri Mitra ini dengan menerapkan sistem e-voting tersebut sebagai upaya melatih siswanya dalam berdemokrasi. Selain itu, penerapan e-voting menjadi pilihan di era digital saat ini.

“Pemilihan Ketua OSIS masa bakti 2022/2023 itu untuk melatih siswa-siswi dalam berdemokrasi, kemudian kenapa kita memilih dengan metode e-voting, karena masa sekarang semua sudah menerapkan digitalisasi, jadi hasil lebih cepat tepat serta akurat,” katanya.

Menurutnya pemilihan Ketua OSIS dengan sistem e-voting sangat memudahkan para pemilih dalam menentukan pilihannya.

Identitas para pemilih sudah input kedalam sistem yaitu berupa nomor induk siswa nasional (NISN) untuk siswa dan nomor induk pegawai (NIP) atau nomor induk kependudukan (NIK) bagi guru, panitia hanya memverifikasi identitas yang dibawa pemilih.

Setelah mucul gambar calon, pemilih hanya tinggal memilih calon. Bahkan dalam sistem ini, jika pilihannya tidak sesuai atau ganti pilihan, pemilih juga dapat menganulir dan kemudian memilih kembali.

“Dengan sistem e-voting ini sangat bagus dan modern, karena mempermudah untuk Pemilu dan memilih calon, kemudian para pemilih masuk ke bilik suara dan memilih calon, lebih mudah dengan hanya menggunakan nomor yang sudah diinput ke sistem,” katanya. Hanya saja kendala pemakaian untuk pemilu menggunakan E. Voting terhadap warga lansia dan yang belum mengenal Computerisasi mungkin saja mengalami kesulitan.

Sementara itu kepala SMK Tri Kita Karya Mandiri H. Iwan Sumitra mengatakan, pemanfaatan teknologi digital di era revolusi industri 4.0 ini dapat meminimalisir kecurangan dalam penghitungan suara.

Karena semua suara yang masuk sudah terekap oleh sistem. Bahkan, nomor unik yang sudah dipakai para pemilih tidak bisa dipakai memilih untuk kedua kali, sementara hasilnya bisa dipantau langsung oleh siswa melalui proyektor yang dipasang oleh panitia di lokasi pemilihan.

“Dalam sistem e-voting ini, kita menyediakan aplikasinya di komputer dan jumlah pemilih dapat diketahui, bahkan di e-voting ini, hasil suara pemilihan langsung terekap sistem setelah pemilih selesai memilih, jadi e-voting lebih hemat, efektif, karena waktunya cepat,” katanya.

Kegiatan pemilihan ketua OSIS secara digital ini difasilitasi oleh hasil karya siswa siswi SMK Tri Mitra serta pihak sekolah.

Pantauan infonusa pemilihan Ketua odis dan wakilnya periode 2022-2023 dengan jumlah pemilih tetap 960 siswa. Daftar yang menggunakan hak pilihnya 711 siswa dan yang tidak memilih alias Absen 240 siswa untuk prosentasi 74.0 , %.

Dari data tersebut masing masing calon mendapat kan perolehan suara untuk nomor 1 Delis berpasangan dengan Jajang memperoleh 103 suara. Nomor urut 2 Nadip berpasangan dengan Lingga memperoleh 391 suara dan untuk nomor 3 Aldi berpasangan dengan Devi memperoleh suara 252 suara

Dengan hasil perolehan suara keseluruhan tersebut ditetapkan pasangan Nadip dan Lingga nomor urut 2 terpilih menjadi ketua OSIS dan wakilnya pada sekolah SMK Tri Mitra periode 2022-2023.

Categories:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *